Sabtu, 06 Maret 2010

SENDAL ELLA

SENDAL ELLA
BABAK 1
Pada pagi hari yang cerah, seperti biasa Ella bersama teman khayalannya pergi ke pasar untuk membeli kebutuhan sehari – hari. Disana jalanan sangat becek karena habis hujan dan sangat mengganggu langkah Ella. Lalu, ia berhenti pada seorang penjual lele.
Ella : Bang, lelenya 3 kilo…
Juki : Banyak bener, Neng. Mau hajatan?
Ella : Ye, mau dibeli, kagak?!
Juki : Iya- iya. Tunggu sebentar ya….
Ella : Nggak pake lama, Bang. Udah mendung nih. Jemuran belum diangkat.
Juki : (menggerutu sendiri) nih cewek, cakep – cakep tapi bawel !
Ella : Apa, Bang??
Juki : Ah, ngga.... Lagi ngapalin mantra aja. Nih, Neng lelenya.... (sambil menyerahkan 2 kantung berisikan lele)
Teman khayalan: Bohong, La. Dia bilang, katanya lo bawel.
Ella : Berapa duit?
Juki : Rp 100.000,-Ella : Buset, mahal bener.....!!
Juki : kalo mau yang murah, mah, ikan sapu – sapu, neng.... Ini lele dumbo dari Arab
Ella : Karena abang udah bilang saya bawel, jadi saya berhak bayar hanya dengan Rp 50.000,-
Juki : Lah, kok tau kalo gue bilang bawel. Abis situ ngoceh mulu, sih.
Ella : Taulah, pendengaran saya kan tajam. Jadi, deal ya Rp 50.000 aja?
Juki : aduh, gimana, ya..... hmmmm, sebagai bayarannya.......
Ella : jangan Bang, saya belum siap....
Juki : jangan ke- GR-an. Belum selesai ngomong
Ella : Terus......
Juki : nih. (menyerahkan kartu undangan ulang tahun dari saku celana).
Ella : Apaan ini? Bon hutang?
Juki : Bukan, undangan ulang tahun gue. Datang ya......
Ella : ssiiip... Terus urusan lelenya gimana?
Juki : beres. Sini gocapnya......
Ella : nih....

BABAK 2
Sepulang dari pasar, Ella melihat Emak, dan kakak – kakaknya yang sudah stanby didepan rumah dengan wajah yang sinis memerhatikan Ella.

Emak : Eh, Ella.... Belanja di Bogor, lu!! Lammaaaa bener!!
Ati : Tau nih. Kita tuh udah laper tau. Lo mau kita mati kelaperan?!
Teman khayalan: Bilang aja, kalo tadi ada urusan karena uang belanjanya kurang.
Ella : Maaf, Mpok, Mak. Tadi ada urusan karena uang belanjanya kurang.
Mila : Ah, ngga usah banyak alesan deh.....
Sarah : iya nih, ngeles mulu kaya bajay
Teman khayalan: Daripada lu, ngelesnya kaya Bemo!!
Ella : (tertawa)
Mila : Kenapa lu ketawa sendiri?
Sarah : Tau. Udah salah, masih bisa ketawa!!!
Emak : Udah – udah. Eh, Ella! Mending sekarang lu masak deh sebelum lu gue gantung di pohon jengkol nya Babe Jupri!!
Ella : iya, Mak....

BABAK 3
Sementara Ella berjalan menuju dapur, Emak dan kakak – kakaknya masih berdiri dengan angkuh memperhatikan Ella sampai sosoknya hilang berbelok. Lalu Ati melihat selembar kertas kecil yang jatuh didepannya.

Ati : Apaan nih.. (sambil meraih selembar kertas)
Mila : Coba dibaca, Mpok, sapa tahu penting!
Ati : (membaca). Sial!! Pake pelet apa si Ella. Sampai – sampai Juki mau mengundangnya ke pesta ulang tahun.
Mila : Apa!! Jadi bener, si Juki tukang lele yang maco kaya Ade Roi itu ngundang Ella ke pesta ulang tahunnya?
Sarah : Ade Rai....!! (mengarah ke Mila). Ini nggak boleh dibiarin. Kita harus bertindak.
Emak : wah.... belum tahu bogem mentah gue, dia. Ayo, anak – anak, kita serbu dia. Kita susul ke dapur sekarang!!!

BABAK 4
Lalu, mereka menyusul Ella didapur yang saat itu sedang grasak – grusuk membuka kantung belanjaan. Ia mencari sesuatu yang hilang.
Ella : Aduh, dimana ya, kartu undangan tadi.
Teman khayalan : Tadi kan lo taruh kantung belanjaan. Hmmm... dimakan ikan lele kali.
Ella : Ya nggak, lah. Ngaco aja lu. Lele nya dah nyampe akhirat. Masa bisa makan kertas.
Teman khayalan : Gawat, La, mereka datang.
Ella : (tersentak kaget)
Mila : Lo nyari ini?!!!Ella : ehmmmmm......
Sarah : nggak usah berdehem deh. Sekarang jelasin apa maksudnya?. Lo diundang ke pesta ulang tahunnya Juki nanti malam, kan?!!
Ella : i....iya.....
Mila :Karena lo udah ngerebut cowok impian kita, lo harus dapat ganjarannya
Emak : (datang dengan membawa sebakul kacang kedelai) gue baik sama lo ye. Gue pengen lo pinter. Sekarang lo itungin dah tuh biji kacang kedelai, kalo udah, bersihin loteng, nyuci baju, nyetrika, nyapu, ngepel

BABAK 5
Karena Ella anak yang baik, ia mau mengerjakan semua pekerjaan rumah yang sudah diperintahkan. Sementara Emak dan Kakak – kakaknya lebih senang memandori daripada membantu. Ditengah keasyikan mereka, tiba – tiba terdengar suara pintu diketok. Lalu Emak membuka pintunya.
Juki : Assallamualaikum.....
Emak : Wa allaikumsalam. Eh, Nak Juki, tumben kemari.... (melirik ke arah Saprol, teman Juki. Lalu memanggil ketiga anaknya). Ini temannya?
Juki : eh, iya. Kenalin, ini teman Juki, namanya Saprol. Penyetok ikan lele
Saprol : Saprol..... (sambil mengulurkan tangan)
Juki : Saya kesini mau.....
Belum selesai bicara, Ati, Mila, dan Sarah berlarian menghampiri Juki.
Sarah : mau ngasih ini ya.... (mencomot kartu undangan dari Juki dan mendekatinya)
Ati : Ini pasti buat aku, kan.....
Mila : Bukan, ini buat aku
Sarah : aku!!!
Mila : aku!!
Ati : aku!!
Saprol : emang susah ya jadi orang ganteng. Ribet. Hidupnya direbutin cewek – cewek mulu. Nah gue? Kambing aja ogah deketin.. (menggerutu)

BABAK 6
Jam menunjukkan pukul 21.30 malam. 30 menit lagi acara ulang tahun Juki dimulai. Ati, Mila, dan Sarah sibuk mempercantik penampilan mereka. Sedangkan Ella masih duduk di halaman belakang rumah bersama teman khayalannya yang setia menenemani menghitung kacang kedelai. Selain lemas, ia juga sedih karena tidak diperbolehkan datang ke pesta ulang tahun Juki. Ditengah kemurungan Ella, tiba – tiba datang seorang peri menghampiri Ella dengan membawa pentungan yang biasa dipakai satpam.
Ella : kamu siapa?
Peri : jangan takut. Aku adalah utusan dari negeri khayalan yang akan membantu kamu untuk bisa datang ke pesta ulang tahun Juki
Ella : hahhh, kok peri bisa tau.
Teman khayalan : Karena dia temen gue di negeri khayalan. Jadi gue yang kasih tau.
Ella : Terus apa yang bisa peri lakukan untuk aku
Peri : (tersenyum)
Peri : pet komprat kampret anak kodok lagi ngepet. ambil ini.... kamu pakai untuk menghadiri pesta itu
Ella : hah.... ini bagus banget, Peri....

Tiba – tiba terdengar suara Emak memanggil Ella dan menghampirinya bersama Ati, Mila, dan Sarah.. Segera Ella sembunyikan gaunnya. Sementara mereka tidak melihat adanya peri dan teman khayalan disitu lantaran matanya sudah terlalu banyak dosa mengintipi kambing Babe Jupri yang sedang mandi.
Emak : Eh, sableng, ngomong sama sapa lu! dah mulai gila ya!!
Ella : ngga lagi ngomong sama siapa – siapa, Mak. Ella cuma nyanyi
Emak : nyanyi, kok grendengan. Ya udah. Lu jaga ni rumah, jangan coba – coba datang ke pestanya Juki.
Mila : inget, jangan sampai ketiduran. Hari ini jam dua belas malam, lu ada jadwal ronda yang nggak boleh ditinggal

Lalu mereka pergi meninggalkan Ella yang masih tersungkur.

Peri : Saudara – saudara kamu jahat sekali.....
Teman khayalan : Dari dulu emang mereka jahat, peri. Makanya gue nyuruh lo dateng.
Peri : ehm.... kamu nggak usah sedih. Aku akan bantu supaya kamu bisa datang ke pesta itu
Ella : tapi mereka nggak menginginkan aku ada disana
Peri : Ini bukan saatnya mengalah. Sekarang waktunya kamu menjadi pusat perhatian. Jadi, sekarang kamu pakai dulu gaunnya.

BABAK 7
Tak lama kemudian setelah Ella memakai gaun dan berdandan, Ella keluar rumah. Tetapi belum berangkat.
Teman khayalan : Nah, sekarang lo udah cantik ngalahin kakak – kakak lo yang garang kayak singa.
Ella : Emang dari dulu tuh gue cantik.
Teman khayalan : Tapi masih cantikkan gue, kan?
Ella : Apa lu kata, dah.
Ella : Peri, Aku udah siap. Sekarang gimana caranya supaya aku sampai ditempat pesta. Sedangkan pesta udah mulai 30 menit yang lalu.
Peri : (menyihir buah manggis menjadi sebuah delman)
Ella : terima kasih ibu peri.
Teman khayalan : Selamat berjuang ya. Sory gue nggak bisa ikut karena ada meeting sama Bos Khayal
Ella : Doain gue ya, Sob
Teman khayalan dan Peri: Siiip....

Saat diperjalanan Ella terkejut melihat kakinya masih memakai sendal jepit swallow.
Ella : hah, mana mungkin gue dateng ke pesta dengan sendal jepit ini
BABAK 8
10 menit lamanya perjalanan, akhirnya Ella sampai pada tempat yang dituju.Disana sudah ramai dan banyak orang yang berjoget. Terlihat Juki yang sedang murung menatapi makanannya. Tetapi rona wajahnya berubah ketika ia melihat Ella datang. Ella berjalan menuju Juki dan sampai dihadapannya. Memberanikan diri meski saat itu ia sedang memakai sendal jepit.
Ella : Selamat ulang tahun (tersenyum dan mengulurkan tangan sambil menyerahkan sebuah kado)Ati berjalan menuju keduanya namun usahanya gagal karena Saprol menahan tangan Ati.
Saprol : lo mau ngapain?
Ati : lo nggak liat? Juki dideketin Ella....
Saprol : Terus apa urusannya sama lo. Emang Juki siapa lo
Mila : lepasin Mpok gue, nggak
Sarah : Iya, lepasin diaSaprol : oke (sambil melepaskan tangan Ati) “asal lo jangan ganggu saudara lo. Kalo lo berani ganggu, jangan harap bisa kenal lagi sama Juki. Gue bakal lindungin Juki dari gangguan makhluk – makhluk aneh kaya lo”

BABAK 9
Lalu mereka hanya bisa melihat Ella dan Juki dari jauh. Mereka tidak bisa berbuat apa – apa. Daripada macam – macam nanti mereka tidak bisa lagi melihat Juki, tapi mereka juga panas melihat kemesraan Ella dengan Juki yang sedang goyang dombret sambil sawer menyawer dengan dangduters lainnya.Tidak terasa, jam menunjukkan pukul 24.00.
Ella : Bang Juki, gue harus pergi sekarang
Juki : tapi, Ella, acara belum selesai
Ella : tapi sekarang gue ada jadwal ronda. Dan itu nggak bisa ditingggal untuk keselamatan orang banyak

BABAK 10
Malam berganti siang. Setelah melewati pesta ulang tahun semalam, Juki dan Emaknya kini berada di ruang tamu dan membicarakan sesuatu.
Emak Juki : Eh, Juki, sampai kapan lu mau ngejomblo terus? Ngga pengen apa ngerasain jadi raja sehari?
Juki : Juki mau sih, Mak. Sebenernya orangnya udah ada.
Emak Juki : Orang apa maksud lu? Orang aring?!!
Juki : Ya, bukanlah. Masa iye Juki suka sama pu’un. Calon maksudnya, Mak.
Emak Juki : Sapa calon lu? Salah – salah banci kaleng lu pacarin, lagi....
Juki : Lah emang Juki buta!! Ya, bukanlah.... Cewek tulen, gitu loh...!!
Emak Juki : Bener nih, cewek tulen? Ntar kayak pacar lu yang dulu, lagi. Udah tomboy, gagah perkasa, lagi. Takut Emak.
Juki : Tenang aja, Mak. Kali ini cewek yang Juki maksud orangnya lemah gemulai, tinggi semampai, baik deh pokoknya.
Emak : Kapan lu mau kenalin ke Emak?
Juki : Lebaran kuda, Mak! (sambil berlari )

BABAK 11
Keesokan paginya Juki dan Saprol kembali mendatangi rumah Ella. Sudah terlihat Ati, Mila, dan Sarah beserta Emaknya menontoni Ella yang sedang menyapu halaman rumah. Mereka, kecuali Ella, lari menghampiri Juki. Sementara Supri memandangi Ati, Mila, dan Sarah dengan Garang. Mereka jadi agak takut.
Juki : Saya mau cari Ella
Mila : Untuk apa cari Ella?
Saprol : nggak ada urusannya sama lo
Sarah : Terus, lo kesini ada keperluan apa?
Juki : gue mau kasih ini ke Ella (menunjukkan sendal jepit swallow dengan tali biru yang sudah usang).
Ati : Kenapa lo yakin banget kalo itu punya Ella?
Juki : karena kalian udah pakai sendal. Sedangkan Ella, dia nyeker kayak ayam. Dan gue emang hafal kalo sendal ini milik Ella karena gue sering ngelihat di ke pasar pakai sendal ini. Sekarang, tolong suruh dia kemari
Sarah : Elllaaaaaaa, sini lo!
Ella : kenapa, Mpok....
Sarah : tuh... (dengan judes)
Saprol : jangan galak – galak sama Adik. Kualat lo....
Juki : ini, sendal lo semalem ketinggalan. Jadi gue anterin ini buat lo
Ella : makasih ya....
Juki : nah, sekarang lo ikut gue. Gue mau kenalin lo sama nyokap gue
Ella : tapi.... (malu tapi mau)
Juki : udah, ayo....

BABAK 12
Tak lama kemudian, Ella, Juki, dan Saprol tiba. Mereka akan menemui Emak Juki untuk mengenalkan Ella pada beliau. Pada saat itu Emak Juki sedang menyetrika pakaian.
Juki : Assallamualaikum, Mak. Anakmu yang ganteng datang.....
Emak : Wa allaikumsalam. (kaget) Lah, mungut darimana lu dapet cewek cakep kayak gini?!!!Juki : Enak aja, Emak ini. Bangke sepatu, kali boleh mungut.
Saprol : Jangankan bangke sepatu. Bangke Hp aja gue ogah.
Juki : Alaaah.... Sok, lu. Ngga ada gue juga lu embat tuh bangke Hp.
Saprol : Kok tau??!! (menggaruk kepala)
Emak : Udah – udah. Mendingan masuk yu....

BABAK 13
Emak : Oh, jadi ini cewek yang lu maksud, Juk. Boleh juga buat memperbaiki keturunan. Hmmmm..... dari desa mana, neng?
Ella : Saya dari desa Suka Miskin, Bu.
Emak : Ngga ada nama lain apa yang lebih bagus apa. Suka Kaya, kek. Suka Makmur, kek.
Saprol : Ye, Mak. Kalo mau protes sama Kadesnya.
Emak : Boro – boro protes. Mana berani Emak. Utang Emak sepuluh ribu aja belum kebayar sama pak Kades
Saprol : Lu punya Emak gimana si, Juk. Tega bener. Emak utang ceban napa kagak lu bayarin aja?
Juki : Bukannya nggak mau bayarin, gue. Biasanya Emak kalo lagi mepet jualin barang – barang berharga gue. Mulai dari celana dalem yang seharga gocap. Sedangkan utang Emak ceban. Gue nggak punya barang seharga minimal sepuluh riba.
Saprol : Ah, lagak lu selangit, boy!
Emak : Eh, ngomong – ngomong udah sejauh mana lu jalin hubungan sama anak gua?
Ella : Belum jauh, kok Mak. Kita baru temenan aja.
Emak : Ooooooo
Juki : Sebenernya Juki mau kenalin Ella dulu sebelum Ella jadi pacar Juki.
Ella : Perasaan tadi lu cuma pengen kenalin gue ke Emak lu. Bukan minta restu pacaran.
Juki : Udah, nurut aja.
Emak : Emak setuju kok, Juki lu pacaran sama Ella.

Sejak saat itu, akhirnya Juki menjalin hubungan spesial dengan Ella. Dan sejak saat itu pula setiap hari Ella mendapat diskon 50% setiap pembelian lele sampai Emak dan kakak – kakanya di mabuk lele.

SINOPSIS
Ella. Seorang anak yatim piatu yang tinggal bersama Ibudan Saudara tiri nya yang jahat yang selalu memerintahkanElla sekehendak hatinya sendiri.Sampai pada akhirnya ia bertemu dengan seorangpria idaman wanita yang mengundangnyake pesta ulang tahun.Namun, ia dilarang oleh Ibu tiri dan saudara – saudara nya.Kemudian,datang seorang peri baik yang membantunya untuk bisa datang ke pesta itu hingga Ella bisadiperkenalkan oleh orang tua dari Juki.

by: lusty

Tidak ada komentar:

Posting Komentar